Berita

KPK Setya Novanto dicurigai dalam cangkok e ktp

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menunjuk Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto sebagai tersangka dalam kasus korupsi kartu identitas elektronik (e-ID), yang kabarnya menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 2,3 triliun.

Ketua KPK Agus Rahardjo menyampaikan kabar tersebut dalam sebuah konferensi pers yang diadakan di markas besar anti-korupsi di Jakarta Selatan, Senin siang.

“KPK menyebut SN, anggota DPR 2009-2014 sebagai tersangka baru dalam kasus tersebut,” kata Agus, mengacu pada Setya pada awalnya.

Agus menambahkan bahwa Setya memiliki peran kunci dalam merencanakan skema swindle fund yang diperuntukkan bagi proyek e-ID.

“Bersama AA, SN memiliki peran kunci dalam merencanakan dan pengadaan barang untuk proyek ini,” kata Agus, merujuk pada pengusaha Andi “Narogong” Agustinus, yang sebelumnya telah diberi nama tersangka oleh KPK.

Sejauh ini, KPK telah menunjuk empat orang tersangka dalam kasus e-ID, dua pejabat senior di Kementerian Dalam Negeri Irman dan Sugiharto, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Miryam S. Haryani dan pengusaha Andi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *